Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Mata Pelajaran : SAINS
Materi Pokok : Organ Tubuh Manusia dan Hewan
Pertemuan / waktu : Pertama / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan praktek
A. Kompetensi Dasar
1.1 Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia.
1.2 Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan hewan misalnya ikan dan cacing tanah.
B. Indikator
o Mengidentifikasi alat pernapasan pada manusia dan pada beberapa hewan
o Membuat model alat pernapasan manusia dan mendemonstrasikan cara kerjanya.*)
o Menjelaskan penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia, misalnya menghirup udara tercemar, merokok dan terinfeksi oleh kuman.
o Membiasakan diri memelihara kesehatan alat pernapasan
C. Materi Essensial
Alat Pernapasan Pada Manusia Dan Hewan (hlm.3)
o Alat pernapasan manusia
D. Media Belajar
o Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas V
o Stoples plastik bening besar Pipa kecil bercabang tiga, Plastisin, Karet gelang, Sedotan, Tiga balon kecil, Lakban, Gunting, Silet.
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
1. Pendahuluan o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan | (5 menit) | ||
2. Kegiatan Inti o Memahami peta konsep tentang alat pernapasan o Menyebutkan bagian tubuh yang berperan sebagai pernapasan - Paru-paru - Hidung - Tenggorokan o Memahami istilah dari
o Memahami pernapasan dada dan pernapasan perut o Memahami proses pernapasan | (50 menit) | ||
3. Penutup o Mengulang proses pernapasan | (5 menit) | ||
4. Pekerjaan Rumah o – |
Wonosobo, 15 Desember 2010
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
( ) ( )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar